Rumah Hijau (02)

Minggu, 24 Januari 2010

Billa berjalan mengikuti langkah mama dan tante Tina memasuki rumah itu.

Lho kok beda dengan bayanganku? gumam Billa dalam hatinya dengan mata sedikit terbelalak karena terkejut melihat interior rumah ini.

"Gimana rumah tante Tina bagus kan" tanya mama sekali lagi

Tanpa bisa berkata-kata, Billa hanya tersipu malu sambil mengangguk.

"Tante senang Billa mau tinggal bersama tante di rumah ini. Dan Billa pasti nggak akan kesepian karena di sini ada teman-teman seumuran Billa"

"Hah?" Billa kembali terkejut

"Lho, mama belum bilang ya kalau rumah tante Tina ini juga dibikin tempat kos?"

"Mama kan nggak bilang apa-apa, cuma bilang kalau Billa akan tinggal di rumah tante Tina" jawab Billa sambil memasang tampang mayun.

Tante Tina, Mama Billa dan Billa pun kembali berjalan. Dan mereka berhenti di depan sebuah ruangan yang tak jauh dari tempat itu terdapat sebuah taman bunga. Berbagai macam bunga terawat dengan indah mulai dari mawar, melati, adenium, bougenvil dan lain sebagainya.

Andai saja halaman depan juga terawat seperti ini pasti rumah ini akan semakin indah, protes Billa dalam hatinya.

"Nah, ini ruangan Billa"

Tante Tina membuka kunci pintu ruangan itu. Sebuah ruangan dengan wallpaper warna dominan hijau, beberapa aksesoris wall dan bermotif daun menyambut Billa. Wajah Billa pun langsung sumringah.

Kamar itu tak sebesar kamar di rumah Billa namun entah kenapa kamar itu tampak luas meskipun di dalam kamar itu terdapat lemari, meja belajar plus kursinya dan tempat tidur yang cukup untuk ditempati Billa. Kamar itu tampak sederhana, arsitektis dan membuat nyaman. Lihat saja tanpa berkata apa-apa Billa langsung naik ke ranjangnya.

"Kamarnya bagus" sahut Billa senang

"Sebelum Billa menempati kamar ini, kamar ini diatur sendiri oleh Mbak Rani, mahasiswa jurusan interior ruangan"

"Gimana Bil, kamu setuju tinggal di tempat..." tanya mama Billa

"Setuju ma!" potong Billa langsung

Final Project Program Komputer dengan Delphi 7

Final project untuk mata kuliah program komputer jurusan statistika, disuruh membuat semacam program seperti mini minitab.

Final project ini sebenarnya sudah diberitahu di pertengahan kuliah program komputer, hanya saja terjadi miscomunication antara peserta kuliah, asisten dosen dan dosennya. Asisten dosen fokus memberikan materi tentang pemrograman delphi, sedangkan dosen memberikan materi pascal semacam materi bagaimana agar pascal bisa membaca file dalam bentuk *txt kemudian dioperasikan seperti mini minitab, jadi bisa menghitung nilai statistik deskriptifnya. Namun miscomunication itu telah selesai setelah UTS, dan akhirnya kita fokus ke pembelajaran pemrograman delphi.

Review

Final project ini aku buat *sebenarnya final project kelompok* seperti temanya sebuah program yang berintegrasi mini minitab. Program ini memiliki beberapa form, dan di dalam form utama terdapat stringrid yang di invisible. Program ini juga bisa sudah bisa menganalisis m variabel dan sebanyak n data, cuma masing-masing variabel harus memiliki n data yang sama *aku belum bisa menciptakan dimana tiap-tiap variabel memiliki n data yang berbeda*. Program ini bisa menganalisis statistik deskriptif dan statistik inferensia.

Menu-menu yang disediakan untuk statistik deskriptif adalah
- mean, median, modus
-kuartil, jangkauan, maksimum dan minimum
-standar deviasi, varians dan koefisien variansi

Menu-menu yang disediakan untuk statistik inferensia adalah
-uji mean yang memakai statistik uji z dengan alfa atau tingkat kesalahan 0,05 dan 0,01
-estimasi mean yang memakai statistik uji z dengan alfa atau tingkat kesalahan 0,05 dan 0,01
-uji mean yang memakai statistik uji t dengan alfa atau tingkat kesalahan 0,05
-estimasi mean yang memakai statistik uji t dengan alfa atau tingkat kesalahan 0,05
-dan uji korelasi

Di dalam program ini juga terdapat model regresi dan menghitung koefisien korelasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan mendownload program tersebut di bawah ini.

Silahkan mendownload program SP (statistics program ver 1) klik di sini

Jika mengalami kesulitan untuk mendownload, kurang jelas soal isi program, cara kerja program, kritik dan saran untuk program dan segala unek-unek soal SP ver 1 silahkan mengirim email ke si.megs@gmail.com *insya allah akan dibalas*

Rumah Hijau (01)

Sabtu, 23 Januari 2010

Rumah itu telah berdiri beberapa puluh tahun yang lalu namun tetap seperti dulu hijau, rimbun dan tampak misterius. Orang-orang di kota itu menyebutnya rumah hijau.

Januari, 2010

Billa, seorang gadis yang punya nama lengkap Nur Nabilla itu kini berdiri terpaku dengan mulut sedikit menganga melihat sebuah rumah bergaya tempo dulu yang mempunyai halaman yang rimbun dan tak terawat. Tak ada yang bisa dikatakan Billa selain 'rumah itu tak jauh berbeda dengan rumah hantu'.

"Ma, apa benar Billa akan tinggal di sini?" tanyanya sambil menatap mamanya dengan ragu dan alis ditekuk

"Ya, baguskan rumahnya?" jawab mamanya sambil tersipu

Bagus apanya? rumah kayak rumah hantu gini? eh apa malah kayak hutan ya? gumam Billa dalam hatinya

Namun kali ini Billa tak boleh protes tentang keputusan mamanya untuk memutuskan tempat inilah yang akan menjadi tempat tinggal Billa selama di SMA. Keputusan ini merupakan
final decision perdebatan antara papa, mama dan Billa.

Papa Billa dimutasi kerja ke daerah Kalimantan Timur bulan depan, mau tak mau Billa harus mengikutinya. Namun Billa yang sudah berkali-kali berganti rumah (akibat papanya yang sering di mutasi ke mana-mana) merasa sudah capek. Billa sudah capek untuk berpisah dan mencari teman baru, dan gara-gara sering berpindah ia menjadi kesepian karena tak ada teman yang benar-benar akrap, teman yang kayak saudara. Karena alasan itulah Billa berkeras hati tak mau pindah meskipun ayahnya dimutasi, dia merasa sudah dewasa dan bisa hidup sendiri (meskipun biaya dan lain-lain masih meminta ortunya).

Keputusan ini tentu saja ditentang oleh papa Billa yang punya sifat daughter complex. Bahkan akan sempat terjadi KDRT karena Billa ngotot sampai papanya jengkel dan mau mukul. Untungnya saat itu ada mama Billa yang jadi penengah jadi masalahnya tak sampai runyam. Setelah kejadian itu Billa mengurung diri di kamar, maunya sih biar si papa mengerti keputusannya dan akhirnya papanya setuju tapi ada syaratnya. Syaratnya adalah Billa harus tinggal di rumah teman papa-mamanya saat di bangku kuliah dulu, yaitu Om Andi dan tante Tina.

Tentu saja Billa setuju. Om Andi dan tante Tina kan orangnya baik dan selalu memberi hadiah di setiap ulang tahun Billa. Tapi sekarang Billa sedikitnya kecewa, ternyata rumah yang ditinggali Om Andi dan tante Tina dulu telah dijual, semenjak kematian Brian, anak bungsu Om Andi yang seumuran dengan Billa. Sepertinya tante Tina begitu depresi hingga mau tak mau untuk menghilangkan kenangan kematian Brian ia harus menempati rumah lain. Dan rumah itu adalah rumah peninggalan orang tua Om Andi.

Dengan menarik napas dalam-dalam, Billa menarik kopernya dan berjalan menuju rumah hijau itu.

Download di youtube tanpa software tapi cukup masuk di situs lain

Buat netter yang suka buka youtube dan ingin menyimpan file tersebut pasti kesulitan kalau online di warnet, terutama kalau warnetnya nggak menyediakan software buat download youtube. Huuft, pasti kesalkan?

Sebenarnya permasalahan itu bisa diatasi kalau kita pakai browser opera atau firefox. Kita tinggal melihat video di youtube sampe selesai dan membuka cachenya. Tapi cara ini cukup ribet, nggak efektiflah. Kenapa nggak efektif?

Pertama kita harus ngeliat video di youtube sampe end, ya kalau koneksi internet kita punya kecepatan yang tinggi, kalau lola dan sering eror di tengah jalan gimana?
Kedua, kita harus ngetik semacam kode buat download videonya. Buat yang newbie-newbie pasti nggak kesulitan (karena aku juga kesulitan kalau disuruh hafal luar kepala hahaha)

Dua alasan di atas membuatku yang memang dari sananya selalu memakai jalan pintas dalam hal apa pun ( kalau memang ada jalan pintas ngapain cari yang panjang) berusaha menemukan alternatif lain (sebenarnya bukan aku sih tapi teman-temanku yang hoby download di youtube pake wifinya kampus *cari yang gratisan)


Caranya cukup mudah cukup buka www.keepvid.com di situ kita cukup paste alamat link video youtube kita yang mau kita download. Setelah itu kita mengisi entry download kayak biasanya. Setelah mengisi, kita diberi pilihan mau download dalam format apa, cuma ada 2 yaitu *flv atau *mp4. Kalau format *flv, kualitas videonya rendah, tapi kapasitas filenya sedikit sedangkan *mp4 memiliki kualitas video yang cukup bagus tapi kapasitas filenya tinggi (bedanya nggak jauh-jauh, kalau aku sih milihnya pasti yang *mp4) setelah itu download deh.

Nah, cukup mudah dan efektifkan daripada ribet mencari software, menginstal dan lain-lain

Download teks book (Ebook)

Selasa, 19 Januari 2010



Mata kuliah Operation Research (riset operasi)
Taha, Hamdy A. 2007. Operations Research: An Introduction Eighth Edition. New Jersey. Pearson Education, Inc (klik di sini)

Final Project Praktikum Statistika


Kurikulum 2009 di ITS emang bener-bener berlaku. Pasalnya sekarang sebagian besar mata kuliah jurusan pasti punya tugas besar ato yang biasa disebut Final project.

Nah, Final project untuk mata kuliah Pengantar Metode Statistika (PMS) yang ikut ekivalensi sekarang jadi 4 SKS, so pasti punya FP juga. FP untuk PMS nggak muluk-muluk (ini katanya mbak-mas asisten dosen praktikum statitika atau yang sering disingkat prakstat ) cuman disuruh buat analisis hubungan antara IPK, nilai UNAS sama uang jajan per bulan tanpa uang kos. Bener-bener pekerjaan yang menguras tenaga, pikiran dan waktu. Huuuft, kalau diingat-ingat tugas inilah yang paling berkesan (perjuangannya hebat). Karena semua data yang ada di FP ini merupakan data primer, artinya kita sendiri yang ngumpulin data, survey ke sana-sini, sms random, entahlah pokoknya perjuangan banget deh buat ngumpulin datanya.

Pada Final Project Pengantar Metode Statistika ini, aku cuman membedah tiga analisis yaitu dari segi statistika deskriptifnya, estimasi dan hipotesis parameternya dalam hal ini aku mengkhususkan pada mean dan menghitung korelasi berganda antara data-data tersebut. Untuk ulasan statistika deskriptif aku menghitung statistika deskriptif masing-masing nilai IPK, nulai UNAS dan uang jajan perbulan untuk masing-masing jurusan. Analisisnya pake paket program minitab jadi aku tinggal interpretasi hasil minitabnya doang hehehe.

Untuk estimasi dan uji hipotesisnya, aku pake hitung manual dengan selang kepercayaan (confidence interval) 95% dan 90 % untuk rata-rata nilai IPK, nilai UNAS dan uang jajannya. Kali ini mahasiwanya nggak aku kelompokkan cuman aku jadikan satu jadinya tiap interpretasi ada 100 data, dan diambil secara random (pake minitab) dengan beberapa n data dan aku nyari estimasi meannya dengan uji t dan uji z. Uji hipotesisnya aku pake statistik uji Z untuk data n data yang lebih dari 30 dan statistik uji t untuk n data yang kurang dari 30.

Sedangkan yang terakhir regresi linier berganda aku menghitungnya pakek minitab disertai beberapa uji kayak uji parsial parameter b1, parameter b2 dan uji serentak untuk melihat kebaikan model.
Aku juga pakek uji IIDN dan uji lack of fit juga. FPku juga aku tambahkan korelasi antar variabel juga lho.

Buat yang mau liat karya FPku silahkan klik di sini, kalo ada kesulitan buat downloadnya email aja ke emailku si.megs@gmail.com

Hukum Distribusi Eksponensial pada Antrian ( Riset Operasi 1)


Karakteristik operasi sistem antrian terbagi menjadi dua bagian besar yaitu distribusi probabilitas waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan. Untuk permasalahan sistem antrian yang real, distribusi tersebut hampir digunakan dalam semua bentuk (masalah dibatasi dengan nilai negatif tidak akan terjadi).

Meskipun persamaan model dari sistem antrian hanya mewakili beberapa bentuk permasalahan yang real, karena itu penting bagi kita untuk mengasumsi beberapa bentuk dari distribusi tersebut. Lebih baik lagi jika asumsi yang kita gunakan adalah asumsi yang suffisien realistik yang membuktikan bahwa penaksiran model tersebut beralasan disamping itu harus sufisien sederhana yang menurut pada hukum matematika. Dan karena itulah sebagaian besar sistem antrian menggunakan distribusi eksponensial.


Jika variabel random T mewakili waktu antar kedatangan atau waktu pelayanan (kita harus menandai kejadian tersebut waktu antar kedatangan atau waktu pelayanana sebagai kejadian). Variabel random T dikatakan memiliki distribusi eksponensial dengan parameter α, jika probabilitas ini memiliki fungsi densitas sebagai berikut:

f (t)= αe-αt, untuk t≥0 dan f (t)=0, untuk t<0>

Dan komulatif distribusinya sebagai berikut:

P(T≤t)=1-e-αt, t>0

P(T>t)= e-αt, t>0

Sedangkan nilai ekspektasi dari T dan varians T adalah:

E(T)=1/α dan Var(T)=1/α2

Ada enam syarat yang menunjukkan apakah sistem antrian menggunakan distribusi eksponensial. Syarat-syarat tersebut dapat kita lihat sebagai berikut:


1. f (t) adalah fungsi menurun t (untuk t≥0)

Akibat dari syarat 1 tersebut adalah untuk semua nilai positif dari t dan . Meskipun tidak hanya memungkinkan tetapi juga secara relatif seperti T akan mengambil sebuah nilai yang kecil dan dekat dengan nol.

Karena itu T mengambil nilai yang sangat kecil, meskipun interval kedua nilainya dua kali lebih besar daripada interval pertama. Apakah masuk akal syarat 1 untuk T dalam sistem antrian? Jika T mewakili waktu pelayanan jawabannya tergantung pada bentuk umum pelayanan yang akan didiskusikan selanjutnya.

Jika T mewakili waktu antar kedatangan, maka hukum 1 akan keluar dari situasi dimana sistem antrian sebagian besar pelanggan akan menunda masuk jika melihat pelanggan lain yang masuk lebih dahulu daripada mereka. Dengan kata lain, hal tersebut seluruhnya harus tetap dengan kejadian umum pada waktu kedatangan yang random.

2. Kekurangan memori (lack of memory)

Syarat ini dapat ditunjukkan sebagai untuk semua postif t dan . Dengan kata lain distribusi probabilitas dari waktu yang tersisa sampai kejadian terjadi selalu sama, tanpa memperhatikan berapa banyaknya yang berjalan, sehingga dapat ditulis dalam model matematik

Untuk kejadian waktu antar kedatangan, syarat tersebut menjelaskan situasi umum dimana waktu kedatangan selanjutnya tidak terpengaruh dengan waktu kedatangan terakhir. Untuk waktu pelayanan syarat ini sangat sulit untuk diinterpretasikan.


3. Paling sedikit variabel random eksponensial memiliki distribusi eksponensial.

Jika T1, T2, ..., Tn adalah variabel random eksponensial dengan parameter α1, α2, ... αn. Jika U adalah variabel random yang mengambil nilai minimum dari T1, T2, ..., Tn maka U=min{ T1, T2, ..., Tn}


4. Berhubungan dengan distribusi poisson

Syarat ini berguna untuk menjelaskan peluang tingkah laku ketika waktu antar kedatangan mempunyai distribusi eksponensial dengan parameter λ. Dalam kasus ini, X(t) adalah angka kedatangan yang berlalu dalam waktu t, dimana α=λ yang disebut rata-rata angka kedatangan (mean arrival rate)


5. Untuk semua nilai positif dari t,

T dapat mewakili waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan dalam sistem antrian, syarat ini menunjukkan penaksiran peluang kejadian pada kejadian dengan interval yang bernilai kecil. Syarat ini diambil dari penaksiran yang tepat dari limit à=0


6. Tidak memiliki pengaruh dari pengumpulan data (aggregation) dan yang tidak mengumpul (dissaggregation)

Syarat ini relevan untuk dipakai jika proses input berdistribusi poisson, meskipun secara langsung menunjukkan bahwa kejadian tersebut berdistribusi eksponensial (lihat syarat 4)


Untuk mendownload hukum distribusi eksponensial dokumen (*docx) klik di sini

Share

| More