Discrete Event Simulation

Kamis, 14 Oktober 2010

Discrete event simulation adalah suatu model dalam sistem yang ditunjukkan sebagai kondisi variabel yang berubah seketika pada titik waktu (point in time) yang terpisah. (dalam persamaan matematika dapat dikatakan sistem berubah dalam titik waktu tertentu secara countable). Dalam titik waktu ini akan terjadi suatu event, dimana event didefinisikan sebagai suatu kejadian yang dapat mengubah kondisi suatu sistem. Contohnya operator yang sebelumnya menganggur, setelah kedatangan suatu pelanggan akan menjadi sibuk. Atau sebaliknya dari kondisi sibuk ke kondisi idle. Meskipun discrete event simulation dapat diselesaikan secara analitik namun banyaknya data yang harus disimpan, dimanipulasi untuk kejadian di dunia real menunjukkan bahwa discrete event simulation harus diselesaikan secara komputasi. Descrete event simulation salah satunya digunakan untuk jadwal keputusan dari operasi sitem dalam waktu tertentu, jadwal akhir simulasi yang dijalankan pada waktu tertentu dan mungkin benar-benar tidak mengubah hasil kondisi suatu sistem. Oleh karena itu event memungkinkan mengubah kondisi suatu sistem.

Ada dua pendekatan pokok yang digunakan untuk meningkatkan waktu simulasi yaitu mempercepat waktu event berikutnya dan mempercepat interval waktu tetap. Pendekatan pertama telah digunakan dalam bahasa pemrograman simulasi secara umum dan pendekatan kedua adalah kasus khusus dari pendekatan pertama. Dengan pendekatan mempercepat event berikutnya, waktu simulasi diinisialisasi dengan 0 kemudian banyaknya kejadian dari suatu event di masa depan ditentukan. Waktu simulasi kemudian dipercepat ke ke waktu kejadian event paling dekat di masa depan, kemudian titik-titik kondisi sistem diperbarui ke setiap kejadian yang telah terjadi sehingga banyaknya event di masa depan juga diperbarui. Kemudian waktu simulasi dipercepat, kondisi sistem diperbarui, banyaknya event masa depan ditentukan dst. Proses dari waktu simulasi yang dipercepat ini dari waktu event satu ke yang lain kontinu sampai beberapa kondisi berhenti dan telah terpenuhi. Sejak semua perubahan kondisi hanya terjadi pada discrete event simulation, dimana periode tidak aktif dilompati dari satu waktu event ke waktu event lain (hal ini berbeda dengan pendekatan dua dimana waktu tidak aktif tidak dilompati)

Komponen dan penyusun Discrete Event Simulation

Meskipun simulasi telah diterapkan untuk sistem dunia real, discrete event simulation menunjukkan adanya bagian dari banyaknya komponen umum dan penyusun logis untuk komponen yang memperkenalkan programming, debugging dan simulasi program kompoter perubahan masa depan. Berikut ini adalah komponen-komponen tertentu yang akan ditemukan di dalam model yang menggunakan pendekatan mempercepat waktu berikutnya.

  1. Kondisi sistem (system state) yaitu kumpulan kondisi variabel yang dibutuhkan untuk menjelaskan suatu sistem dalam waktu tertentu
  2. Waktu simulasi (simulation clock) yaitu variabel yang menggunakan nilai saat ini dari waktu di dalam simulasi.
  3. Event List yaitu daftar yang mengandung waktu berikutnya ketika masing-masing tipe event akan terjadi
  4. Statistical counter yaitu variabel yang digunakan untuk menyimpan informasi statistik mengenai performansi dari sistem
  5. Inisialisasi rutin (initization routine) yaitu bagian program untuk menginisialisasi model simulasi pada t=0
  6. Time Routine yaitu bagian program yang menentukan event berikutnya dari daftar event (event list) dan kemudian mempercepat waktu simulasi ke waktu ketika event terjadi.
  7. Event Routine yaitu bagian program yang memperbarui kondisi sistem ketika tipe suatu event tertentu terjadi ( hanya ada satu event routine untuk masing-masing event type)
  8. Library Routine yaitu himpunan bagian program yang digunakan untuk menghasilkan pengamatan random dari distribusi peluang tertentu sebagai bagian dari model simulasi.
  9. Report generator yaitu bagian program computer untuk mengestimasi pengukuran yang diinginkan dari performansi dan laporan produksi ketika simulasi selesai.
  10. Program utama (main program) yaitu bagian program yang menentukan waktu rutin yang digunakan untuk menentukan event berikutnya kemudian tranfers kontrol ke event terkait rutin untuk memperbarui status sistem tepat. Program utama juga mengecek pemutusan dan menentukan laporan generator ketika simulasi telah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More