Statistic Quality Control

Senin, 06 Desember 2010


Pengertian SQC
Statistics quality control (SQC) adalah metode statistik yang digunakan untuk mengendalikan dan meningkatkan proses pembuatan (Montgomery, 1995).

Pengertian Seven Tools

Dalam metode statistika untuk pengendalian proses menggunakan beberapa alat untuk memodelkan atau menggambarkan karakteristik kualitas proses yang dinamakan seven tools.

Seven Tools terdiri dari
Check Sheet
Check sheet digunakan untuk lembar pengamatan. Jadi, check sheet dibutuhkan dalam observasi suatu proses.

Scatter Diagram

Scatter diagram adalah diagram (grafik) yang menghubungkan hubungan 2 variabel. Bisa menentukan korelasinya.

Histogram

Histogram meyakinkan peragaan visual data dengan itu seseorang dapat lebih mudah melihat dari tiga sifat yaitu bentuk distribusi data, lokasi atau kecenderungan tengah dan pemencaran atau variabilitas dalam data. (Montgomery, 1995)

Diagram Pareto

Diagram pareto adalah grafik yang menggambarkan pola distribusi produk cacat. Frekuensi jenis cacat yang tertinggi selalu berada di sebelah kiri

Diagram Ishikawa

Teknik yang berguna untuk analisis ketidaksesuaian lebih lanjut adalah diagram sebab akibat (juga dinamakan tulang ikan atau Ishikawa, dari nama pengembangnya, Dr. Kao Ishikawa). Diagram sebab dan akibat digunakan untuk melukiskan dengan jelas sumber ketidaksesuaian dalam produk dan asal hubungannya. (Montgomery, 1995)

Indeks Kapabilitas

Suatu cara yang menyatakan kemampuan proses adalah bentuk perbandingan kemampuan proses (PKP, indeks kapabilitas), yang untuk karakteristik kualitas dengan batas spesifikasi atas dan bawah (masing-masing BSA dan BSB) adalah PKP=(BSA-BSB)/(6*sigma)

Diagram kendali terdapat 2 bagian yaitu peta kendali variabel dan peta kendali atribut.

peta kendali variabel adalah diagram pengendali yang memberikan informasi tentang penampilan proses dimana banyaknya karakteristik kualitas yang dapat dinyatakan dalam bentuk ukuran angka (Montgomery, 1995). sedangkan peta kendali atribut adalah peta kendali yang memberikan informasi berupa sifat karakteristik kecacatan suatu produksi.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More