Peta Kendali EWMA (Exponential Weighted Moving Average Control Chart)

Senin, 06 Desember 2010


Gambaran umum:

Peta kendali EWMA dikenalkan oleh Roberts (1959). Peta kendali EWMA adalah salah satu peta kendali dari data variabel (data bisa kuantitatif dan pengukuran kontinyu seperti ukuran dimensi dan waktu). Titik-titik yang diplotkan merupakan weighted moving average (pergeseran rata-rata terboboti). Faktor pembobot (λ) tertentu dipilih oleh user dimana nilai rata-rata data yang lama berpengaruh terhadap yang baru.

Kapan menggunakan peta EWMA

Peta kendali EWMA secara umum digunakan untuk mendeteksi pergeseran kecil dalam mean proses. Peta kendali EWMA mendeteksi lebih cepat dalam rentang 0.5σ - 2σ dengan syarat ukuran sampel yang sama. Meskipun demikian, peta kendali EWMA memiliki kelemahan yaitu peta kendali EWMA akan mendeteksi lebih lama di dalam pergeseran yang besar dalam mean proses.

Peta kendali EWMA juga dapat menjadi salah satu alternatif ketika ukuran subgroup n = 1.

Ketika memilih nilai λ yang digunakan untuk pembobot, direkomendasikan menggunakan nilai yang lebih kecil (contohnya 0.2) untuk mendeteksi shift yang kecil, dan nilai yang lebih besar (0.2-0.4) untuk shift yang lebih besar. Peta EWMA yang memiliki λ = 1 merupakan peta xbar.

Untuk lebih lengkap silahkan download file dalam bentuk PDF gambaran umum EWMA, contoh soal dan analisis minitab dengan klik di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More