Pentingnya Analisis Multivariate

Kamis, 07 April 2011

Data yang dikumpulkan pada beberapa variabel untuk setiap unit sampling. Sebagai contoh, jika kita mengumpulkan informasi tentang berat (w), tinggi (h), dan ukuran sepatu (s) dari masing-masing sampel acak dari individu, maka kita akan mengacu pada tiga kali lipat (w1, h1, s1), (w2 , h2, s2 ),... sebagai set data multivariat (anonim 2, 2011)


Analisis multivariat (MVA) didasarkan pada prinsip statistik statistik multivariat , yang melibatkan pengamatan dan analisis statistik lebih dari satu variabel pada suatu waktu. Dalam desain dan analisis, teknik ini digunakan untuk melakukan studi perdagangan di beberapa dimensi dengan memperhatikan dampak dari semua variabel pada respons bunga (anonim 1, 2011).

Analisis multivariat digunakan untuk:
a. Desain untuk kemampuan (juga dikenal sebagai capability desain-based)
b. Invers desain, dimana variabel apapun dapat diperlakukan sebagai variabel independen
c. Analisis Alternatif (AoA), pemilihan konsep untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Perlunya analisis multivariate.
Dalam analisis multivariate pengukuran dilakukan pada individu tunggal yang dapat dikumpulkan menjadi vector kolom, himpunan vector kolom yang merupakan observasi yang diambil secara random dapat disusun menjadi matriks. Data dianalisis yang digambarkan dalam bentuk suatu matriks atau beberapa matriks. Hal ini sangat membantu dalam visualisasi dan pengertian dari masing-masing observasi vector sebagai titik pada ruang Euclidean, masing-masing koordinat sesuai pengukuran atau variable. Disamping itu sebelum memplotting data dalam analisis statistika seperti dalam regresi, kuantitas mungkin tergantung pada vektor variable. (Anderson, 2003).

Sumber:
Anonim 1.2011.[http://en.wikipedia.org/wiki/Multivariate_analysis] diakses pada 15 Februari 2011
Anonim 2. 2011. [http://www.answers.com/topic/multivariate-data] diakses pada 15 Februari 2011
Anderson, T.W. 2003. An Introduction Multivariate Statistical Analysis 3rd Edition. New Jersey: John Wiley& Sons Inc.

Anda dapat mendownload tulisan ini dalam *docx dengan cara klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More