Kenapa Kita Harus Belajar Demografi

Selasa, 23 Februari 2010


Demografi

Demografi sering dikaitkan dengan masalah kependudukan yang berhubungan tentang mortalitas, natalitas, migrasi dan kepadatan penduduk di suatu wilayah.

Kenapa study demografi menjadi sangat penting?

Pertama, semua perencanaan atau planning pembangunan tergantung pada pemahaman tentang kependudukan.

Kedua, study demografi selalu mengaitkan antara pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan ekonomi. Pada kenyataannya jika pertumbuhan penduduk meningkat pertumbuhan ekonominya pun akan bertambah, namun pertambahan tersebut dibagikan oleh sejumlah penduduk yang bertambah dalam hal ini penduduk yang berusia lima belas tahun ke bawah, dimana angkatan kerja tersebut belumlah produktif sehingga pertumbuhan ekonomi tersebut tidak berarti apa-apa.

Ketiga, dengan adanya study tentang demografi pemerintah dapat memplanning alokasi budget pada APBN. Misalnya alokasi untuk pendidikan sekian persen yang dilihat dari jumlah populasi penduduk yang mengenyam pendidikan.

Dalam mendapatkan data tentang demografi suatu wilayah atau negara dapat diperoleh dari berbagai sumber yaitu:

  1. Sensus
  2. National Survey
  3. Registration of vital events
  4. Demographic studies

Masalah atau isue yang paling sering di dalam demografi adalah ledakan penduduk. Ledakan penduduk atau yang biasa disebut baby bomb terjadi karena beberapa alasan salah satunya adalah ditemukannya antibiotik yang berasal dari penisilin. Ledakan penduduk ini membawa permasalahan berbagai bidang misalnya di bidang lingkungan, adanya ledakan penduduk mendorong bertambahnya limbah dari suatu konsumsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More