Final Project Praktikum Statistika

Selasa, 19 Januari 2010


Kurikulum 2009 di ITS emang bener-bener berlaku. Pasalnya sekarang sebagian besar mata kuliah jurusan pasti punya tugas besar ato yang biasa disebut Final project.

Nah, Final project untuk mata kuliah Pengantar Metode Statistika (PMS) yang ikut ekivalensi sekarang jadi 4 SKS, so pasti punya FP juga. FP untuk PMS nggak muluk-muluk (ini katanya mbak-mas asisten dosen praktikum statitika atau yang sering disingkat prakstat ) cuman disuruh buat analisis hubungan antara IPK, nilai UNAS sama uang jajan per bulan tanpa uang kos. Bener-bener pekerjaan yang menguras tenaga, pikiran dan waktu. Huuuft, kalau diingat-ingat tugas inilah yang paling berkesan (perjuangannya hebat). Karena semua data yang ada di FP ini merupakan data primer, artinya kita sendiri yang ngumpulin data, survey ke sana-sini, sms random, entahlah pokoknya perjuangan banget deh buat ngumpulin datanya.

Pada Final Project Pengantar Metode Statistika ini, aku cuman membedah tiga analisis yaitu dari segi statistika deskriptifnya, estimasi dan hipotesis parameternya dalam hal ini aku mengkhususkan pada mean dan menghitung korelasi berganda antara data-data tersebut. Untuk ulasan statistika deskriptif aku menghitung statistika deskriptif masing-masing nilai IPK, nulai UNAS dan uang jajan perbulan untuk masing-masing jurusan. Analisisnya pake paket program minitab jadi aku tinggal interpretasi hasil minitabnya doang hehehe.

Untuk estimasi dan uji hipotesisnya, aku pake hitung manual dengan selang kepercayaan (confidence interval) 95% dan 90 % untuk rata-rata nilai IPK, nilai UNAS dan uang jajannya. Kali ini mahasiwanya nggak aku kelompokkan cuman aku jadikan satu jadinya tiap interpretasi ada 100 data, dan diambil secara random (pake minitab) dengan beberapa n data dan aku nyari estimasi meannya dengan uji t dan uji z. Uji hipotesisnya aku pake statistik uji Z untuk data n data yang lebih dari 30 dan statistik uji t untuk n data yang kurang dari 30.

Sedangkan yang terakhir regresi linier berganda aku menghitungnya pakek minitab disertai beberapa uji kayak uji parsial parameter b1, parameter b2 dan uji serentak untuk melihat kebaikan model.
Aku juga pakek uji IIDN dan uji lack of fit juga. FPku juga aku tambahkan korelasi antar variabel juga lho.

Buat yang mau liat karya FPku silahkan klik di sini, kalo ada kesulitan buat downloadnya email aja ke emailku si.megs@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More