Nodame Cantabile (Manga)

Minggu, 17 Januari 2010


Nodame Cantabile adalah shoujo manga (komik jepang) karya Tomoko Ninomiya pada tahun 2002 yang mencapai 23 tankoubon (buku) dan dinaungi oleh penerbit Kodansha, selanjutnya Nodame Cantabile di sini disingkat NC. Seperti shoujo manga pada umumnya, NC juga memiliki genre drama, comedy dan romance. Namun apa yang membuat manga patut untuk dibaca dibanding shoujo komik lainnya?


Kisah yang terdapat dalam NC sangat menarik karena mengangkat tema musik klasik yang jarang digunakan tema shoujo manga. Tema musik klasik sebenarnya memiliki kelemahan membuat pembaca yang awam akan musik klasik dibuat bingung karena terdapat istilah-istilah yang tidak dapat dimengerti (Pengalaman pribadi :p) namun NC yang memiliki unsur implisit comedy membuat pembaca tidak jengah untuk meneruskan membaca istilah-istilah dunia lain tersebut (musik klasik). Apalagi ditambah pengilustrasian dalam pemaknaan setiap musik oleh Ninomiya Sensei yang selalu menggelitik melalui otak Nodame yang berada di luar pemikiran manusia biasa.
Kisah NC itu seperti apa sih?

Kisah Nodame Cantabile (NC) berawal dari Noda Megumi, mahasiswa tingkat 2 jurusan piano di sebuah perguruan momogaoka yang menolong Chiaki Sinichi, mahasiswa tingkat 3 jurusan piano di perguruan yang sama juga. Chiaki yang saat itu merasa down karena merasa iri dengan salah satu mahasiswa yang menjadi murid konduktor ternama yang juga diidolakan oleh Chiaki.

Chiaki sebenarnya memiliki bakat yang luar biasa dengan musik dan didukung sifatnya yang serba perfeksionis membuatnya nggak setengah-setengah belajar alat musik sehingga ia jago memainkan beberapa alat musik seperti piano dan biola. Meskipun dibilang jenius dalam memainkan piano dan biola, Chiaki tak dapat meraih cita-citanya sebagai seorang konduktor karena ia memiliki phobia akut untuk naik pesawat terbang dan kapal laut sehingga ia tak bisa melebarkan sayapnya ke luar negeri. Oleh karena itu Chiaki sering merasa dirinya seperti pecundang namun perasaan itu selalu ia sembunyikan di hadapan semua orang.

Berbeda dengan Chiaki yang serba perfeksionis, Nodame memiliki sifat serampangan, nggak punya malu, tak memiliki sense kebersihan dan mempunyai gaya memainkan piano yang serampangan (mungkin karena ia nggak bisa baca partitur) meskipun begitu Nodame memiliki bakat yang nggak bisa dianggap remeh saat ia memainkan piano tapi permainan piano Nodame memiliki jiwa dan Chiaki sering menyebutnya cantabile (mengalir seperti nyanyian).

Sejak hari dimana Nodame memungut Chiaki dan ditambah setelah mereka dibawah dosen pembimbing yang sama hubungan mereka menjadi akrap. Hidup Chiaki berubah dengan adanya Nodame dan ia pun berhubungan dengan orang-orang aneh yag setipe dengan Nodame yang selalu memusingkan seperti Mine, mahasiswa jurusan biola yang bergaya rock dan Masumi, cowok krebo berkumis tipis yang cinta mati (?) pada Chiaki.

Character

Nod
a Megumi

Mahasiswa tingkat dua yang serampangan, nggak punya malu dan kejorokannya melampaui batas toleransi manusia normal, namun memiliki bakat bermain piano yang luar biasa. Meskipun Nodame selalu tampak bahagia saat ia memainkan piano, ia memiliki ketakutan tersendiri saat bermain piano akibat traumanya saat masih anak-anak. Bercita-cita sebagai seorang guru tk (?) meskipun banyak yang menentang cita-citanya tersebut, termasuk Chiaki.







Chiaki Shinichi

Mahasiwa tingkat tiga yang perfeksionis dan totalitas dalam melakukan apa pun sehingga ia jago melakukan apapun seperti bermain musik dan memasak. Bakat Chiaki yang luar biasa dalam bermain musik menjadi sia-sia karena satu hal yaitu phobianya mengendarai pesawat dan kapal laut akibat trauma masa kecilnya. Akhir-akhir ini sering disetir Nodame secara nggak sadar karena ia memiliki sifat yang mudah tersipu karena dipuji.






Mine Ryutaro

Mahasiswa tingkat dua jurusan biola. Penampilannya selalu ngerock dan senang memainkan biola elektrik meskipun seperti itu dia adalah anak pemilik restoran China Uraken yang ada di belakang kampus Nodame dkk. Sebelum bertemu Nodame ia bercita-cita membentuk grup band rock.


Okuyama Masumi


Mahasiwa tingkat dua jurusan timpani, dengan rambut krebo dan kumis tipis menjadikan dirinya untuk mudah dikenali. Saingan abadi Nodame (?) untuk memperebutkan Chiaki.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

| More